MENDIDIK ANAK DENGAN GENGGAMAN TEKNOLOGI

 



Sobat edufriends, kalian ngerasa ga sih anak-anak zaman now itu lebih canggih dalam mengoperasikan teknologi?? Bahkan sejak dini, mereka sudah diperkenalkan dengan gadget loh!

Teknologi semakin akrab dengan kita seiring berkembangnya waktu. Baik gadget, laptop, maupun PC selalu berlomba-lomba untuk menciptakan produk-produk terbaru dan lebih canggih dari produk sebelumnya. 

Kehidupan kita saat ini pula sangat dimudahkan dengan adanya teknologi, seperti pesan makanan online, belanja online, dan mengakses informasi pun lebih cepat menggunakan aplikasi online. Tidak terkecuali, di bidang pendidikan juga loh edufriends!

Pandemi saat itu memang membuat khawatir semua orang, karena semakin banyak menelan korban jiwa sehingga seluruh masyarakat sangat berhati-hati dan sangat menjaga kesehatannya. Namun, di balik dampak buruk tersebut, masih ada hal baik yang dapat kita ambil sebagai hikmahnya. 

Sejak adanya pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia seakan dibuat sadar dan melek akan dunia digital. Dikarenakan banyak pembatasan untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, baik siswa sekolah, mahasiswa, dan para pekerja kantoran pun melangsungkan kegiatannya berbasis digital. Keadaan tersebut lah yang mewajibkan setiap orang dari segala usia perlu memahami penggunaan teknologi seperti google meet, zoom, dsb.

Sejak saat itu, semakin banyak aplikasi-aplikasi berbasis digital yang dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Banyak kegiatan yang dapat dilangsungkan secara online agar dapat menjangkau banyak orang di waktu yang sama dan dapat diakses dengan mudah, seperti webinar, pembelajaran daring, maupun bimbel online.

Pernahkah kalian mendengar pembelajaran menggunakan metode kumon??

Bimbel matematika anak”, “les bahasa inggris anak” mungkin keyword itu yang muncul di benak edufriends saat mendengar kata “kumon”. Yaaak betul sekalii, kumon adalah salah satu bimbel yang populer di kalangan anak-anak Indonesia. Menariknya, kumon ini dapat membantu anak menjadi unggul karena fokus dalam menggali potensi yang dimilikinya. Lembar kerja yang diberikan pada siswa pun disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.

Bahkan, lebih menarik lagi, saat ini Kumon digital hadir memberikan layanan les matematika online dan kursus bahasa inggris online lohhh edufriendss!!



Hal ini mampu menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0 saat ini, pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi serta memanfaatkan teknologi informasi. Revolusi Industri 4.0 sendiri terjadi pada sekitar tahun 2010an melalui rekayasa intelegensia dan internet of thing sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin (Prasetyo & Trisyanti, 2018). 

Beberapa orang menyebut revolusi industri 4.0 sebagai revolusi digital dan era disrupsi. Menurut Kasali (2018) “pada era ini teknologi informasi telah menjadi basis atau dasar dalam kehidupan manusia. Dampak yang sangat terasa dari era digital adalah berlimpahnya sumber informasi yang dapat diakses secara tidak terbatas”.

Lalu, bagaimana sih kita dapat mengakses kumon digital??



Caranya yaitu dengan mengakses Kumon Connect! Dengan Kumon Connect anak-anak dapat belajar Kumon secara digital, bertujuan untuk menjalin kedekatan anak-anak, orang tua, dan Pembimbing Kumon melalui komunikasi yang intens serta hubungan personal yang erat.

Cara penggunaan Kumon Connect adalah anak belajar mandiri sama dengan saat mengerjakan soal menggunakan lembar kerja kertas Kumon, namun diakses melalui perangkat tablet. Cara ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan belajar, dan memacu anak-anak untuk memaksimalkan potensi mereka. Siswa Kumon menulis di perangkat tablet dengan stylus pen, sama seperti saat mereka menulis di lembar kerja Kumon dengan pensil. Pembimbing Kumon dapat memantau kemajuan belajar harian siswa dan memberikan feedback untuk memotivasi atau mendukung siswanya. Orang tua juga dapat meninjau catatan belajar anak-anak mereka kapan saja dan terhubung dengan Pembimbing untuk mendukung proses belajar anak-anak mereka. 

Beberapa perangkat yang direkomendasikan untuk mengaskes Kumon Connect yaitu Apple: iPad generasi ke-6 dan yang lebih baru dengan stylus pen yang sesuai ataupun Samsung: Galaxy Tab S7 dengan stylus pen yang sesuai.

Fitur-fitur menarik yang dimiliki oleh Kumon Connect yaitu:

1.     -Belajar Kapan Saja, Di Mana Saja

Semua yang dibutuhkan oleh siswa untuk belajar ada di dalam perangkat tablet mereka. Mereka dapat mengerjakan lembar kerja dengan stylus pen dan mengirimkannya ke Pembimbing di mana saja dan kapan saja.

2.     -Optimalkan Potensi Belajar

Pemberian catatan belajar digital yang dibuat berdasarkan lembar kerja yang telah diselesaikan oleh siswa dan digunakan oleh Pembimbing untuk mengamati kondisi belajar, kemampuan, dan perkembangan mereka.

3. -Akses dan Evaluasi Kemajuan Belajar yang Mudah

Siswa maupun orang tua dapat dengan mudah mengakses dan meninjau catatan belajarnya, seperti nilai, waktu, dan kemajuan belajar mereka melalui perangkat tablet. Siswa juga dapat mengakses riwayat belajar mereka hanya dengan satu klik, melihat seberapa cepat dan akurat hasil belajarnya.

4.     -Dapatkan Pengalaman Berharga

Orang tua dapat mengakses informasi berharga yang dibuat oleh Pembimbing Kumon mengenai kondisi belajar anak-anak mereka, baik di kelas maupun di rumah. 


Gimanaa? Ternyata Pendidikan di era digital dapat dengan mudah kita akses ya? Kini saatnya kita mendidik anak sesuai zamannya. Zaman serba digital, mendidik anak juga perlu dengan genggaman teknologi dongg!! Salah satunya dengan Kumon Connect!

Informasi lebih lanjut dapat langsung mengakses melalui:

Instagram : @kumonindonesia

Website : https://id.kumonglobal.com/

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

A USER REVIEW: IDN APP MEDIA BERITA TERKINI, SATU APLIKASI YANG MULTIFUNGSI

Nasabah Bijak, “Say No” To Cyber Crime